E-commerce atau disebut juga
perdagangan elektronik merupakan transaksi- transaksi bisnis yang berhubungan
dengan pelanggan dengan pemasok melalui jaringan internet. Yang menyangkut konsumen (consumers) manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang
perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer
(komputer networks) yaitu internet. Sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Banyak perusahaan-perusahaan
yang menggunakan jasa E-commerce ini untuk memperkenalkan dan menjual produk
mereka melalui jaringan internet.
E-Commerce memiliki
beberapa jenis, yaitu:
1. Business to busines (B2B) : Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain.
2. Business to consumer (B2C) : Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi
2. Business to consumer (B2C) : Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi
3. Consumer to consumer (C2C) : Sifatnya lelang
(auction)
4. Government: G2G, G2B, G2C : melakukan layanan
terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat.
Keuntungan
yang didapat dalam penggunaan E-commerce ini adalah:
1. Produk kita dapat langsung banyak
dikenal oleh orang lain, sebab saat ini setiap detiknya orang mengakses
internet.
2. lebih efisien dan menghemat
waktu, sebab pembeli hanya perlu mengirimkan pembayarannya saja, lalu barangnya
akan diantarkan sesuai dengan tujuan pembeli.
3. Pembeli juga tidak perlu lagi mendatangi setiap toko
untuk mencari barang yang diinginkan.
Selain
keuntungan yang didapat ada juga kerugian dalam
E-commerce ini antara lain :
1. Biaya
yang tinggi saat melakukan pengiriman di luar pulau.
2. Kekhawatiran
dalam masalah keamanan.
3.
Piranti
lunak yang belum mapan atau belum tersedia.
4.
Kurangnya
hukum yang diberlakukannya dalam bidang
E-commerce ini.
5.
Sering
terjadinya penipuan yang dilakukan
dengan cara memalsukan identitas yang digunakan oleh pembeli.
Agar
kita sukses dalam menjalankan bidang E-commerce ini antara lain :
1. Desain situs web yang menarik,
agar menarik rasa pensaran orang lain.
2. Mematok harga yang sesuai, kalau
bisa lebih murah dibandingkan dipasaran.
3. Memberikan informasi yang lengkap
dan jelas terhadap barang yang ditawarkan.
4. Banyak memberikan bonus seperti diskon besar-besaran, penawaran istimewa, dll.
5. Berprilaku jujur, ramah, dan
dapat dipercaya terhadap pelanggan.
6. Menerima kritik dan saran yang
membangun dari pembeli.
7. Menggunakan jasa pengiriman yang
dapat dipercaya dan terkenal karena kejujurannya dan cepat dalam mengirimkan
barang kepada pelanggan.
semoga sukses bagi anda yang akan menjalankan E-commerce ini..